Desain grafis
●Pengertian Bumper
Bumper adalah animasi pendek yang berada pada akhir sebuah program, sebelum masuk kesebuah iklan, atau bagian awal pada sebuah program saat pergantian dari iklan menuju program, dan terdiri atas tiga macam antara lain:
Bumper atau potongan dalam bagian dan berdurasi 5-10 detik, yang biasanya ditampilkan sebelum atau sesudah break show.
Opening bumper atau bagian pembuka acara dan berdurasi 25-30 detik, bumper ini biasanya ditampilkan pada awal acara.
Promotion bumper sesuai dengan namanya bumper ini dikemas dalam bentuk promosi acara dan ditayangkan pada jam dan acara yang telah di tentukan, dan berdurasi 10-15 detik.
Bumper ini sering digunakan untuk memasuki atau keluar dari sebuah slot iklan. Peranan bumper ini sangat penting untuk memandu penonton sebagai benang merah atau pengikat dari perpindahan stasiun televisi yang disebabkan oleh adanya flipping, yaitu pindah chanel dari stasiun televisi satu ke stasiun televisi lainnya dengan menggunakan remote tv, sehingga penonton tidak kehilangan orientasi pada waktu menonton (Primadi Tabrani (1996:25).
*Bumper adalah* animasi pendek yang berada pada akhir sebuah program, sebelum masuk kesebuah iklan, atau bagian awal pada sebuah program saat pergantian dari iklan menuju program”. Bumper juga dapat mempengaruhi sensasi persepsi manusia dan juga mampu mempersuasi penonton sama halnya dengan kekuatan iklan televisi. Konsep stasiun televisi tidak lepas mempunyai pola program yang hampir sama dengan radio, dimana menampilkan susunan lagu. Hanya perbedaan dari segi visual saja yang membedakan secara mendasar. Untuk membedakan antar lagu atau iklan dengan lagu maka 18 dibutuhkan pembatas (jeda) agar pendengar dapat mengetahui perbatasan atau akhir dari sebuah lagu atau iklan, dan juga untukmengingatkan stasiun televisi atau radio yang sedang didengarkan atau dilihat.
Pemunculan bumper dilakukan secara berulang dan periodik Pada umumnya bumper ini hanya muncul dalam hitungan detik antara 3-10 detik. Istilah bumper ini sangat relatif dalam penggunaannya, karena dibeberapa broadcast seperti radio, istilahnya lebih dikenal smash(Melanie Goux (2003:153) dalam bukunya yang berjudul “ On Screen in time : Transitions in motion graphic design for television and new media.
*Bumper In dan Out*
Menurut Melanie Goux (2003:153) dalam bukunya yang berjudul “ On Screen in time : Transitions in motion graphic design for television and new mediam, Bumper in and out adalah " Biasanya berdurasi 5-7 detik sebagai penutup segmen atau pembuka setelah jeda iklan ". Bumper adalah animasi pendek yang berada pada akhir sebuah program, sebelum masuk ke sebuah iklan atau bagian awal pada sebuah program saat pergantian dari iklan menuju program.
■ Contoh bumper opening
Komentar
Posting Komentar